APA ITU PAMFLET

Pamflet (flyer) merupakan satu faktor penting dalam menentukan sukses atau gagalnya kampanye-kampanye iklan. Banyak bisnis skala kecil hingga menengah sangat mengandalkan peran pamflet dalam mempromosikan produk-produk mereka. Pamflet merupakan media promosi paling enteng untuk disebarkan. Media ini dapat didistribusikan secara cuma-cuma dalam event olahraga, pameran, festival atau menyelipkannya dalam surat kabar dan majalah.

Penggunaan pamflet sangat membantu pertumbuhan bisnis retail seperti restoran, apotik dan toko pakaian. Pamflet dirancang secara menarik dan didistribusikan tepat sasaran akan mendongkrak omzet bisnis anda.

Sambil membaca panduan untuk pencetakan ini, pikirkan bagaimana keterkaitannya dengan bisnis anda, dan apa yang anda dapat lakukan untuk meningkatkan kampanye iklan/pamflet anda yang ada pada saat ini.

DESAIN PAMFLET

Desain pamflet (flyer) merupakan suatu proses kreatif yang berbeda-beda dan bisnis ke bisnis. Namun, ada suatu prinsip umum yang dapat meningkatkan respons, mengedepankan item-item kunci, dan memperbaiki gambar anda-sambil meningkatkan profitabilitas!

ITEM PAMFLET (FLYER)

  • Kategorikan produk-produk berdasarkan type (misalnya: DVD, Televisi, music, telepon seluler dsb)
  • Buatlah daftar kategorikategori berdasarkan kepentingannya dari sisi penjualan-tonjolkan produk-produk andalan anda.
  • Masukan satu elemen tambahan dalam daftar pamflet anda- item-item kecil yang memberikan nilai tambah pada total pembelian (ini cara luar biasa untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan penapatan tambahan pada masing-masing pembelian).
  • Tambahkan unsur personalitas pada pamflet anda dengan item-item yang memiliki kehususan atau penawaran-penawaran menarik dan unik.
  • Daftarkan secara jelas opsi-opsi pelanggan untuk setiap kategori
  • Sedapat mungkin pergunakan gambar-gambar produk yang atraktif untuk masing-masing kategori. (Ide yang baik kalau anda menggunakan gambar produk-produk anda sebagai latar belakang grafis).
  • Kelompokkan produk-produk anda ke dalam kategori-kategori sehingga anda bisa membuat keputusan megenai harga. Sesuaikan harga untuk masing-masing item erdasarkan jumlah dan profit.
  • Jangan pernah menggunakan “….” untuk menunjuk harga karena ini membuat pamflet anda kelihatan seperti suatu daftar harga. Sebagai gantinya, tempatkan harga setelah deskripsi item (ini mengubah fokus perhatian pelanggan dari harga ke item produk)

GAMBAR

  • Gambar-gambar harus disimpan dalam format resolusi tinggi.
  • Sedapat mungkin pergunakan gambar-gambar 300 dpi
  • Pastikan anda menggunakan gambar-gambar orisinil atau gambar-gambar yang tidak di copyright.
  • Gunakan gambar kunci fokus pandangan/desain
  • Jika anda tidak berpengalaman dalam desain, sewa jasa desainer grafis profesional untuk merancang flyer anda.

PENCETAKAN PAMFLET

  • Pamflet anda sebaiknya dicetak warna pada kertas glossy
  • Supaya lebih hemat, cetak pamflet anda dalam partai besar.

KERTAS

  • Pilihlah kertas glossy standar yang bisa tahan lama. Jangan pakai kertas super tebal untuk pamflet anda karena selain biaya produksinya mahal, ongkos distribusinya pun tidak murah. Gunakan kertas tipis atau sedang, bergantung pada anggaran.
  • Kertas glossy 60 gsm merupakan jenis standar untuk pamflet. Jenis kertas ini juga mudah untuk diselipkan di surat kabar atau majalah.
  • Kertas glossy 80 gsm setebal sampul majalah TIME
  • Kertas glossy 100 gsm, ketebalannya sama dengan kertas untuk kartu pos atau kartu nama.
  • Pilihlah ukuran pamphlet standar seperti 8.5×11 atau 11×17 cm
About these ads